Jumat, 12 Oktober 2012

Waspada Hama Wereng


Kementerian Pertanian mengingatkan perlunya mewaspadai serangan hama wereng coklat pada tanaman padi yang kemungkinan melanda kembali.
Dikatakan, berdasarkan ramalan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kondisi tahun ini akan sama dengan 2010. Tahun lalu terjadi ledakan serangan hama wereng pada akhir Desember.
"Antara musim kemarau dan penghujan jika perbedaannya musim panas dan dingin sangat jelas maka akan timbul hama wereng, oleh karena itu harus diwaspadai," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian Haryono di sela Rapat Kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian di Jakarta, akhir bulan lalu.
Meski demikian, Haryono menyatakan, kemungkinan serangan hama wereng pada tahun ini diperkirakan lebih rendah dibanding tahun lalu, apalagi terlihat di sejumlah sentra produksi padi di kawasan Pantai Utara Jawa Barat, seperti Sukamandi dan Ciasem Subang tidak sebesar 2010.
Menurut dia, walaupun intensitas serangan hama wereng diperkirakan tidak akan setinggi tahun lalu, namun pihaknya tetap melakukan langkah-langkah antisipasi untuk menanggulanginya, antara lain dengan pelatihan tenaga Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT).
Tahun ini, lanjutnya, akan ditempatkan seribu petugas POPT di seluruh daerah endemik serangan hama wereng di sentra-sentra produksi padi, antara lain tujuh kabupaten di Jawa Tengah sebanyak 700 tenaga POPT, Kabupaten Lamongan Jawa Timur dan Sukamandi Subang Jawa Barat masing-masing 400 orang.

0 comments:

Posting Komentar